Sabtu, 25 Februari 2012

Me and Hallyu part 2: Kdrama dan Kmovie,, uh.. love it.

Saya bisa maraton seharian dan menyiksa laptop jika menemukan drama yang menarik. Sejujurnya, tidak menarik pun, saya maratonkan, walau tidak seharian.

Kdrama gak sepanjang Taiwan Drama dan gak sependek Dorama. Untuk Hongkong dan Mainland, aku gak main.
Kdrama lebih seger dari dorama (yang biasanya hanya terdiri dari satu tema) tapi gak se-slow motion dan senorak Taiwan drama.
Tapi lama-lama bosan juga, karena sudah pasti berpola.

Pola-pola ini nih yang bikin aku gak tahan pengen lempar barang ke layar:

  1. Scene peluk dari belakang
  2. Scene gendong piggy back
  3. Scene ciuman asal nempel tanpa chemistery
  4. Scene berpapasan tapi tak sadar padahal lagi saling mencari
  5. Scene tarik-peluk saat ceweknya mau ketabrak
  6. Pola tokoh dua tokoh utama yang masing2 dikejer sama orang lain yang jahat
  7. Tokoh utama cewek kelakuan ancur dan style pas-pasan dan tokoh utama cowok yang tampan. Tapi lama-lama cewek ini makin cantik aja.
  8. Paling tidak ada dua segmen di dalam kdrama dan pergantian segmen untuk titik balik cerita ditandai dengan perubahan style rambut tokoh-tokoh utama.
  9. Pola cerita Makjang (berlebihan): anak tertukar, si A ternyata anak si B, pasangan A dan B tidak direstui oleh keluarga yang bermusuhan, yang musuhan ternyata saudara, so on & so on..
  10. Episode pertama super lucu, berikutnya garing.
Kecuali klo pola2 di atas ada di scene2 yang seharusnya atau diparodiin gitu.., contoh: cowoknya yg ancur, gendong piggy back dilakukan oleh bapak&ibu.
Dan akhirnya sekarang saya mensortasi drama dengan baca sinoprisnya dulu. Tapi kembali benci jika jumpa karakter2 kuat hanya sedikit dan atau bener-bener tidak ada chemistry di tokoh utama.

Ini Kdrama favorit saya:
1. Autumn Tale, dari keempat serial Endless love, ini yang terbaik. Buatku, ini adalah masterpiece of mellow kdrama.

2. Fullhouse, alasan tak usah ditanya.

3. Wonderful Life, drama yang bikin ketawa di paruh awal dan sedih prihatin di paruh akhir. Oh, aku tak kuat lihat anak kecil memderita.

4. Protect the boss, drama komedi romantis yang pake pola-pola di atas tapi berhasil bikin saya tidak ingin lempar barang.
     Dan pertama kalinya saya jatuh cinta dengan perempuan kedua.
     NaYoon-iga jeil jalnaga!


Kemudian Sageuk.
Semacam wuxia dan taiga di Jepang atau kolosal silat di Indonesia.
Untuk yang adaptasi dari sejarah asli, walau sarat informasi tapi sangat membosankan. Hanya Dae Jang Geum, Queen Seon Duk dan Dongyi yang berhasil saya tonton dengan nyaman.
Lebih menyukai fantasy saeguk, mungkin karena chemistery antar tokoh lebih asik (tidak begitu kaku) dan yang pasti tidak panjang2 amat. Sampai sekarang bahkan tidak bosan menonton kembali Iljimae dan Sungkyunkwan Scandal.


Dan untuk Kmovie.. Hmm,, dari yang girly sampai yang my brother bilang "bukan film maho", aku lahap.
Tapi sudah tiga tahun ini, sejak tidak di Yogya akses untuk menonton film agak berkurang.

Kmovie itu..
- Idenya beragam dan banyak yang masterpiece
- Detail
- Suka gak malu ada adegan menjijikkan dan vulgar baik dengan cara sarkastik atau sadistik
- Jika bikin parodi dari film hollywood, puas ngakak.
- Genre horor? Damn, bikin gak bisa tidur. Sosok hantu korea pun tampaknya masih sodara dengan hantu Indonesia..

Kim Kiduk,, sutradara favorit saya. Filmnya GILAK. Nonton dan kamu tidak akan ragu tentang bunuh diri atau menjadi psikopat. Namun, butuh free minded aura saat menontonnya.

Paling suka sebetulnya genre komedi. Masih tak bosan dengan Speedy Scandal dan The Descendant of Hong Gil Dong.



Sedangkan untuk kmovie yang drama,, jika tidak terlalu sedih, pasti kosong dan membosankan.
Tidak banyak yang aku bisa nikmati tanpa bosan, ngantuk atau air mata.
Jadi, bersiaplah...

Ada drama dan film, pasti ada musik kan.
Dari smua produk musik korea, soundtrack lah yang pertama saya suka.
Untuk yang genre ballad, membosankan dan bikin tidur. Jarang yang kena di kuping dan hati.
Aku lebih suka soundtrack dengan aura segar, seperti Byul - I think I (ost. Fullhouse) dan J & Howl - Perhaps Love (ost. Goong).

Itulah saya dan hallyu.


*Thanx buat yang upload gambar di dunia maya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar